Example floating
Example floating
BANGKA BARAT

Wabup Bangka Barat Tinjau Kolam Retensi Guna Atasi Banjir

75
×

Wabup Bangka Barat Tinjau Kolam Retensi Guna Atasi Banjir

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Pasca banjir yang merendam Kampung Ulu dan Ciulong, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming meninjau kolam retensi di Jalan Kejaksaan, Kecamatan Mentok, Jum’at ( 19/1/2024 ). Saat mendatangi lokasi tersebut, Wabup didampingi Kepala Dinas PUPR Novianto, Kepala Dinas Perkimhub Hanson, Kasat Pol PP dan Damkar Sidarta Gautama serta Kepala BPBD Ahmad Nursandi.

Bong Ming Ming mengatakan, Selasa (23/1) mendatang, Pemda Bangka Barat akan mengundang Balai Wilayah Sungai ( BWS ) Bangka Beltung untuk mensinergikan program provinsi dan kabupaten agar penanggulangan banjir dapat lebih maksimal.

Seharusnya, kata dia, kolam retensi yang dibangun pihak Provinsi Babel itu dapat berfungsi mengatasi banjir, apalagi ada check dam di Sungai Ciulong yang sudah dibangun Pemda Bangka Barat sebelumnya. “Kalau tidak disinergikan khawatir tidak akan ketemu. Maka perlu sinergisitas antara provinsi dan kabupaten. Saya melihat kolam retensi yang dibangun provinsi ini harusnya bisa mengatasi banjir secara utuh karena kita punya dua kolam retensi. Polanya aja yang belum ketemu,” ujarnya.



Karena itu kata Wabup tujuannya melihat langsung kondisi kolam retensi agar pada pertemuan dengan BWS pada Selasa nanti, fungsi check dam dan kolam retensi dapat disinkronkan, dengan harapan ke depan tidak ada lagi persoalan banjir di Ciulong dan Kampung Ulu.

Pemda Bangka Barat pun nantinya akan memberikan masukan dan saran, sebab Wabup menginginkan suatu infrastruktur semestinya memiliki manfaat yang jelas bagi masyarakat. “Kita tuh pengen satu bangunan itu minimal punya dua manfaat, pertama dari sisi manfaatnya jelas dan yang kedua dari sisi estetika. Jadi ada bangunan baru ada nilai manfaat dari sisi estetika juga dapat,” katanya.

Bong Ming Ming berharap pada Selasa nanti pihak Bangka Barat bisa mendapatkan gambaran utuh terkait kolam retensi, sehingga bisa memberikan masukan agar persoalan banjir bisa cepat diatasi dengan cepat. “Kalaupun tahun ini masih banjir, tahun depan jangan ada banjir lagi dengan adanya kolam retensi ini,” imbuhnya. (SK)

Baca Juga:  Pemkab Bangka Barat Bentuk Tim Tanggap Bencana Lintas OPD