Example floating
Example floating
LINGKUNGAN

Setelah DAM 1 Pamali, PWI Siap Hijaukan Kawasan Lain

46
×

Setelah DAM 1 Pamali, PWI Siap Hijaukan Kawasan Lain

Sebarkan artikel ini
Caption Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA didampingi Pj Bupati Bangka M Haris dan Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo saat melakukan penanaman pohon di Kawasan DAM 1 Pemali Kamis (28/12/2023).
Example 468x60

REALITA.NEWS, BANGKA – Kegiatan Penanaman Pohon Kayu Putih oleh PWI Bangka Belitung di Kolong Dam 1 Pemali Kabupaten Bangka, Kamis (28/12/2023), sukses menarik perhatian Penjabat Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA.

Melihat upaya perbaikan lingkungan di Dam 1 yang tujuan awalnya adalah menjaga sumber air baku yang dikelola PDAM Tirta Bangka itu, Safrizal memandang kegiatan seperti ini harus terus dilakukan. “Ini bagus, ayo kita lanjutkan dan jangan berhenti sampai disini,” ujar Gubernur Babel.

Menurut Safrizal dalam sambutannya, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mengajak anggota PWI Bangka Belitung untuk menanam satu juta pohon di seluruh Negeri Serumpun Sebalai ini. “Saya apresiasi dan suport kegiatan PWI Bangka Belitung ini saya ajak dan tantang PWI bersama Pemprov Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman serentak 1 juta pohon di bulan Juni 2024 nanti,” katanya.

Kegiatan Penanaman Pohon Kayu Putih ini dilakukan PWI guna memeriahkan HUT KE 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan HUT Ke 32 PDAM Tirta Bangka. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan fakta integritas untuk bersama sama menjaga Kolong PDAM Tirta Bangka agar tidak diraambah aktifitas penambangan.

Safrizal ZA juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh elemen yang hadir sebagai bentuk dukungan kegiatan. “Terimakasih ada kejaksaan, ada kepolisian ada TNI, ada akademisi dan juga ada dari Sub Denpom yang cukup berat membackup seluruh wilayah Pulau Bangka. Terimakasih semua sudah hadir sebagai bentuk dukungannya,” kata Safrizal ZA

Selain dihadiri Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA dan Pj Bupati Bangka M Haris juga dihadiri Kapolda diwakili Kabid Humas Kombes Jojo Sutarjo, Kejati Babel diwakili Asintel, Perwakilan Danrem, Perwakilan Danlanal, Perwakilan Dandim, Rektor UBB Ibrahim, Forkominda Provinsi dan Forkominda Bangka, Ketua PWI Bangka Belitung M Fathurakhman, Direktur PDAM Tirta Bangka BP DAS, mahasiswa dan lainnya.

Baca Juga:  Rombongan DWP Ditjen Bina Adwil Kunker ke Bangka



Penanaman di kawasan DAM 1 ini, berawal dari keluhan masyarakat yang sampai ke Pj Bupati Bangka M Haris tentang kualitas air PDAM yang keruh akibat adanya aktifitas penambangan liar di aliran air menuju kolong Dam 1 Pemali.

Penertiban tambang liar itu telah beberapa kali dilakukan Satpol PP dan Polres Bangka. Bahkan terakhir tim gabungan dari Polres Bangka, Satpol PP dan Subdenpom melakukan razia. Satpol PP Bangka pun menegakkan tenda di lokasi agar tidak ada lagi penambang beraktifitas. Namun ternyata masih ada penambang yang kucing kucingan.

Bersama dengan pihak PDAM Tirta Bangka, M Haris mengajak PWI Babel mendiskusikannya. “Setelah diskusi muncullah ide bahwa ini harus dilakukan secara bersama sama dan PWI menyatakan siap melakukannya,” kata M Haris.

Ketua Panitia Rudi Syahwani hasil diskusi dengan Pj Bupati Bangka itu kemudian didiskusikan dengan PT Timah dan pihak pihak terkait seperti BPDAS, Dinas Lingkungan Hidup sehingga kegiatan ini bisa dilakukan.

Khusus dengan penanaman di Kawasan DAM 1 ini, Rudi menyatakan akan meminta teman teman anggota PWI untuk terus mengawasinya. “Kalau masih ada yang nambang akan kita beritakan,” katanya.

Dan tentang tatangan Pj Gubernur untuk melakukan penanaman satu juta pohon, PWI Babel siap untuk melakukannya dengan mengajak lebih banyak lagi kalangan perguruan tinggi, komunitas pencinta lingkungan serta pihak swasta lainnya. “Kita siap menghijauakn kawasan lainnya,” katanya. (*)

Rilis PWI Babel

Example 300250
Example 120x600