Example floating
Example floating
BANYUASIN

Pemkab Banyuasin Pantau dan Bantu Korban Banjir

60
×

Pemkab Banyuasin Pantau dan Bantu Korban Banjir

Sebarkan artikel ini

PANGKALAN BALAI (realita.News) – Dengan mengunakan speedboat, rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin yang dipimpin langsung Pj Bupati meninjau sekaligus memberikan bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Rantau Bayur.

Sekretaris Daerah Banyuasin yang ditemui usai mendampingi PJ Bupati H Hani Syopiar Rustam melakukan peninjauan itu menyebutkan bahwa PJ Bupati merasa perlu untuk melihat langsung kondisi di lapangan sehingga memudahkan untuk pengambilan kebijaksaan untuk menghindari kejadian yang sama di masa depan.

“Pemerintah daerah wajib mengetahui kondisi daearh dan warganya pasca bencana, makanya kita turun langsung meski harus pakai speedboat,” katanya Senin (22/1/2024).



Menurut Erwin, dalam satu minggu terakhir ini intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga air dari sungai naik dan menyebabkan desa desa di pesisir Sungai Musi terendam terutama di Kecamatan Rantau Bayur. Kondisi terparah terjadi di desa Desa Tebing Abang dimana rumah warga mengalami keterendaman air sampai 15 cm. Selain meninjau, Pj Bupati juga memberikan 150 paket sembako kepada warga yang ada di sana.

Dalam peninjauan tersebut, kata Erwin, Pj Bupati juga memerintahkan Organisasi Perangkat Daerah terkait dengan persoalan banjir dan penanganan korban untuk membuka tenda siaga untuk menampung jika ada warga yang mengungsi dan juga membuka dapur umum untuk membantu warga. “Posko kesehatan juga kita siagakan untuk mengantisipasi jika ada warga yang terinfeksi penyakit-penyakit akibat banjir ini, ” kata Hani.

Selain Sekda, rombongran ini juga mengikutsetakan, Kepala BPPBD Alpian, Kepala Dinas Kesehatan Rini Pratiwi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Masita, Kepala Dinas Pendidikan Aminuddin, Kepala Dinas Bunnak Edil Fitriyadi, Kepala Dinas Perikanan Septi Fitri, Kepala Dinas Perkimtan Rian, Kepala Dinas PUPR Apriansyah, Camat Rantau Bayur Syaiful Azwar dan OPD terkait lainnya. (reyhan)

Baca Juga:  Pj. Bupati Banyuasin Nyatakan Kesiapan Banyuasin Bersinergi Menuju Sumsel Mapan 2045