Example floating
Example floating
HEADLINENASIONAL

Munas X IKWI 2023 Berjalan Lancar

35
×

Munas X IKWI 2023 Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

JAKARTA (realita) – Musyawarah Nasional X Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (Munas X IKWI) 2023 yang berlangsung 27-29 Oktober 2023, berjalan lancar dan sukses. Perhelatan akbar ini diikuti oleh lebih dari 100 orang dari 22 Pengurus IKWI Provinsi di Indonesia, yang menjadi Peserta dan Peninjau Munas.

Acara Munas X IKWI 2023 yang berlangsung di Jakarta, dibuka Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. Hadir dalam Munas X IKWI 2023 ini antara lain Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry CH. Bangun sebagai Pembina IKWI, Sekjen PWI Sayid Iskandar beserta sejumlah pengurus PWI Pusat lainnya, Penasehat Kehormatan IKWI Periode 2019-2023, Hj. Sri Harmoko, Pengurus Kowani lainnya dan tamu dari sejumlah daerah.

Dalam sambutannya Giwo menuturkan  anggota IKWI perlu berbangga. “Semua perempuan di sini perlu bangga karena tidak mudah menjadi anggota IKWI. Banyak organisasi di Kemendagri ataupun Kementerian Hukum dan HAM, tapi tidak ada kejelasan. Sementara IKWI sudah terlegitimasi sejak 1961. Saat ini tercatat 103 organisasi wanita dalam Kowani,” kata Giwo di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Menurut dia, kebanggaan menjadi anggota IKWI bukan hanya sebagai keluarga wartawan corong pendidikan dan perubahan untuk perempuan naik kelas, tapi juga sebagai anggota organisasi Kowani.

Giwo berpesan agar keluarga besar IKWI bisa membangun suasana aman, damai dan solid, terutama di tahun politik dan menghadapi pesta demokrasi. “Berilah kesejukan dalam masyarakat terutama dalam keluarga, masyarakat dan lingkungan kita. Bangun kebersamaan dalam satu visi-misi,” ujarnya. Menurutnya, dengan begitu IKWI bisa menjadi contoh bagi organisasi lain.

Laporan Pertanggungjawaban Diterima

Sementara itu dalam Sidang Pleno, seluruh provinsi yang hadir dalam Munas X IKWI 2023 secara resmi menerima Laporan Pertanggungjawaban Pengurus IKWI periode 2019-2023 yang diketuai oleh Indah Kirana. Selanjutnya organisasi IKWI secara resmi dipimpin oleh Dr. Andi Dasmawati, Ph.D, untuk periode 2023-2028, yang juga merupakan istri Ketua Umum PWI Hendry CH Bangun.

“Sesuai PD-PRT bahwa Ketua Umum IKWI adalah istri Ketua Umum PWI, maka masa kepemimpinan IKWI juga mengikuti masa kepemimpinan PWI,” kata Indah Kirana yang juga istri Ketua Umum PWI periode 2018-2023 Atal S. Depari, di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Indah, selama kurang lebih 4 tahun di masa kepemimpinannya, PP IKWI cukup banyak melakukan berbagai berbagai kegiatan, diantaranya tentang Tata Kelola Organisasi dengan tujuan agar sumber daya manusia (SDM) IKWI sebagai pengurus baik di pusat maupun di daerah dapat mengelola organisasi sesuai dengan tupoksinya dan bertanggung jawab penuh, guna membesarkan organisasi IKWI.

“Kami berupaya untuk tetap solid, menjaga silaturahmi ke seluruh anggota IKWI tanpa kecuali, menambah wawasan dengan mengadakan seminar, diskusi, peduli sosial dan lainnya,” kata Indah.

PP IKWI juga, kata Indah, terus berupaya memberi motivasi dan edukasi kepada pengurus dan anggota baik di tingkat pusat maupun tingkat provinsi dan kabupaten kota, dengan harapan agar organisasi IKWI dapat berkembang dan lebih maju mengikuti perkembangan global.

Jumlah anggota IKWI pun bertambah, yakni jika ada 2019 sebanyak 728 anggota dengan KTA yang dikeluarkan sebanyak 428 KTA, menjadi 1.404 anggota dan telah membuat KTA sebanyak 634.

Usai menyampaikan laporan pertanggungjawaban, para perwakilan IKWI Provinsi menyampaikan tanggapannya. Suasana haru tak dapat dielakkan saat para perwakilan provinsi menyampaikan tanggapan. Mereka sangat berterima kasih dan terbantu dengan kepemimpinan Indah Kirana yang didampingi Sekum Yani Rosdiana. Mereka berharap, pengurus IKWI periode 2019-2023 yang mungkin tidak menjabat lagi, tetap berkiprah di IKWI.

Ketum IKWI Periode 2023-2028

Pada Munas X IKWI 2023 yang mengusung tema Bersinergi membangun solidaritas demi tercapainya integritas organisasi, berhasil mengukuhkan Pengurus Pusat (PP) IKWI baru yang dipimpin Dr. Andi Dasmawati, Ph.D. Dibantu oleh 4 personil formatur lainnya, Andi akan menyusun kepengurusan PP IKWI periode 2023-2028.
Saat menutup Munas X IKWI 2023, Ketum PWI Hendry CH Bangun yang juga sebagai Pembina IKWI, menuturkan IKWI ke depan harus menjadi pelopor gerakan masyarakat, seperti memerangi stunting.
Menurut Hendry, anggota IKWI harus paham dulu apa itu stunting. “Jangan sampai sebagai pelopor pencegahan stunting justru tidak paham apa itu stunting. Apalagi ada keluarganya yang terkena stunting

Example 300250
Baca Juga:  Anies Sebut Anak Muda Itu Berproses dan Tidak Instan
Example 120x600