Example floating
Example floating
BANGKA

KPU Bangka Barat Mulai Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

34
×

KPU Bangka Barat Mulai Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilu 2024, yang digelar di Gedung Majapahit Unmet Mentok, Kamis (29/2/2024).

BANGKA BARAT — KPU Bangka Barat mulai menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pemilu 2024, yang digelar di Gedung Majapahit Unmet Mentok, Kamis ( 29/2/2024 ).

Acara pembukaan dihadiri Bupati Bangka Barat H. Sukirman, Kapolres AKBP Ade Zamrah, Dandim 0431/BB Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval dan Ketua DPRD Marudur Saragih.

Ketua KPU Bangka Barat Darjiyono mengatakan, rapat pleno tingkat kabupaten ini akan digelar dua hari sampai Jumat 1 Maret besok.

Dia menegaskan kepada peserta rapat, khususnya partai politik, pada rapat ini tidak ada lagi pengulangan tahapan yang telah dilaksanakan PPK maupun tingkat KPPS.

“Jadi di rekapitulasi tingkat kabupaten ini kita hanya menyandingkan data dari hasil yang telah dibagikan kawan – kawan di rekapitulasi tingkat kecamatan kemarin,” ujar Darjiyono.

Setelah rekapitulasi rampung, KPU Bangka Barat akan mempublikasikan hasilnya baik lewat media sosial, ditempelkan di Kantor KPU serta dibagikan kepada para saksi parpol.

“Hasil rekapitulasi kabupaten itu wajib hukumnya kita publikasikan, baik lewat medsos, ditempel maupun dibagikan ke seluruh saksi parpol. Karena sesudah rekapitulasi tingkat kabupaten ini kita akan mengantar ke KPU provinsi,” katanya.

Dia memprediksi pada rapat ini tidak akan ada kendala dan masalah yang berarti. Hal itu diyakini pihaknya setelah melihat proses pemilu dari TPS dan rekapitulasi oleh PPK di tingkat kecamatan yang berlansung lancar dan damai.

Terkait ada beberapa saksi parpol dan paslon presiden dan wakil yang tidak bersedia tanda tangan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, Darjiyono mengatakan itu hak prerogatif para saksi.

Menurut dia hal itu tidak akan mempengaruhi rekapitulasi tingkat kabupaten, apalagi yang tidak tanda tangan jumlahnya sebagian kecil.

“Ada beberapa saksi sebagian parpol tidak mau tanda tangan. Dan masalahnya tidak signifikan. Ada legislatif ada saksi paslon presiden. Makanya karena tidak semuanya, menguatkan kita meyakini kita bahwa rekapitulasi tingkat kabupaten ini tidak ada masalah. Asalkan tidak menambah atau mengurangi hasil suara,” cetus dia.

Selain itu menurut dia, dugaan atau tudingan ada kecurangan dari pihak – pihak tertentu terkait penyelenggaraan pemilu di Bangka Barat sejauh ini tidak ada.

“Dugaan kecurangan alhamdulillah kawan – kawan media bisa cek, nggak ada. Aman – aman saja karena proses rekapitulasi di tingkat kecamatan itu oleh kawan – kawan PPK mengalir aman dan lancar,” kata Darjiyono. (SK)

Baca Juga:  Pj Bupati Bangka Buka Musrembang RKPJD dan RKPD Bangka