Example floating
Example floating
PILPRES

Pengamat Sebut Debat Capres Terakhir Bakal jadi Panggung Anies Baswedan

13
×

Pengamat Sebut Debat Capres Terakhir Bakal jadi Panggung Anies Baswedan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

YOGYAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat ketiga calon presiden (capres) atau debat terakhir Minggu, 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Tema utama debat tentang Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM, dan Inklusi. Sedangkan sub tema meliputi Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, dan Teknologi Informasi.

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono mengatakan, dari dua debat capres sebelumnya, Anies Baswedan sudah menunjukkan menguasai tema dan sub tema.

Begitu juga pada debat capres terakhir nanti kemungkinan besar juga bakal menjadi panggung Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini. “Anies Baswedan menguasai tema dan sub tema yang menjadi isu dalam diskusi,” katanya, Rabu, 31 Januari 2024.

Menurut dia, penguasaan materi itu menunjukkan Capres Koalisi Perubahan ini memiliki conceptual skill yang sangat baik. “Conceptual skill merupakan skill yang harus dimiliki pemimpin level puncak,” tegasnya.

Guru Besar Leadership dan Manajemen Human Capital yang mengajar di UMY dan UGM Yogyakarta ini mengungkapkan, tema yang diangkat dalam debat capres berada pada level konsep sampai pada kebijakan. Pada level kandidat presiden, conceptual skill menjadi skill yang jauh lebih dominan daripada technical skill.

“Oleh karena itu diskusi antar-kandidat berada pada pemahaman konsep yang diterjemahkan dalam kebijakan,” ungkapnya.

Prof Heru mengungkapkan, selain penguasaan materi tema debat, hal lain yang ditunjukkan Anies Baswedan dalam debat capres adalah human skill. “Bagaimana cara Anies berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dan didukung dengan kecerdasan emosional yang tinggi,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, Anies Baswedan secara konsep menguasai tema debat seperti Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

“Secara konsep Anies menguasai tema-tema tersebut dengan baik. Hal yang banyak ditekankan oleh Anies adalah sumber daya manusia dalam pengertian menjadikan manusia Indonesia sebagai modal utama pembangunan,” papar Prof. Heru. (kba)

Example 300250
Baca Juga:  Prioritaskan Persoalan Petani, Anies akan Bentuk Tim Khusus untuk Tata Niaga Pangan
Example 120x600