Example floating
Example floating
BANGKA

Kerajinan Rakyat Butuh Ajang Promosi

24
×

Kerajinan Rakyat Butuh Ajang Promosi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

BANGKA – Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safriati Safrizal didampingi Kepala Disperindag Provinsi Babel, Tarmin AB, melakukan kunjungan dan pembinaan ke pengrajin rajutan Martina dan pengrajin kaligrafi benang Maulidan di Belinyu Kabupaten Bangka, Senin (22/1/2023).

Safriati mengajak semua pengrajin baik itu yang tergabung atau dibina oleh Dekranasda, BKOW, PKK, UP2K, UMKM, dan lain-lainnya dapat selalu bersinergi memajukan dan mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Jangan terkotak-kotak ini binaan siapa, atau tergabung di organisasi apa. Tapi kita harus bersinergi untuk membawa nama baik Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Tiba di tempat pengrajin rajutan Martina, Safriati berdialog sembari melihat hasil rajutan. Berbagai hasil rajutan seperti taplak meja, sarung gelas rajutan, tempat tisu rajutan dan lain sebagainya.

“Saya suka beli rajutan dari berbagai daerah. Yang kita ini termasuk rapi pengerjaannya, tapi kalau bisa harganya lebih ekonomis lagi. Nanti akan ada tamu juga dari Pusat, kurang lebih ada 30-35 orang, saya mau mengenalkan kerajinan kita salah satunya rajutan ini. Nanti kita bisa ketemu di Sungailiat ya bu saat tamu-tamu dari pusat datang, sembari ibu bawa produk hasil rajutan ini,” ujarnya.

Safriati juga sempat menanyakan kendala apa saja yang dihadapi oleh Bu Martina dalam memproduksi rajutan. Bu Martina pun mengungkapkan jika tenaga pengrajin yang semakin sedikit di saat ini. Menanggapi hal ini Safriati mengatakan agar perlu mencari komunitas yang memang tertarik untuk dilatih merajut.

“Nanti juga untuk pengrajin, perlu kita carikan komunitas atau kita berdayakan kelompok-kelompok yang bisa dilatih untuk membuat kerajinan rajutan ini. Karena ini juga harus ada regenerasi, ibu tetap sebagai pembina atau sentra tapi ada orang yang meneruskan kerajinan ini,” ujar Safriati.

Safriati yang juga selaku Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Babel ini menyarankan agar produk rajutan yang dijual disertai dengan selebaran yang berisi tips untuk melakukan perawatan produk rajutan.

Selain itu menurutnya perlu memperbanyak stok produk rajutan, agar bisa mengikuti pameran pada acara Inacraft pada 28 Februari-3 Maret nanti di JCC Jakarta.

Usai berkunjung ke pengrajin rajut, istri Pj Gubernur Kep. Babel ini juga menyempatkan diri berkunjung ke pengrajin Kaligrafi Benang Pak Maulidan. Pada kesempatan ini, Maulidan juga berharap agar Penjabat Ketua Dekranasda Babel bisa mempromosikan produk kaligrafi buatannya.

“Jika produknya sudah ada, nanti saya bisa bantu promosikan. Saya juga mau pesan untuk di ruang salat, nanti diukur dulu ukurannya. Untuk model bisa di kreasikan lagi, dan saya harap bisa ditingkatkan kualitasnya” ujar Safriati seraya memberikan masukkan dan motivasi untuk Pak Maulidan. (*)

Sumber: Dinas Kominfo

Example 300250
Baca Juga:  Bawaslu Minta ASN Netral Dalam Pemilu 2024
Example 120x600