Example floating
Example floating
SUMBAR

Festival Silek ‘Baluluak Balanyah’ di Nagari Lubuak Jantan

27
×

Festival Silek ‘Baluluak Balanyah’ di Nagari Lubuak Jantan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

LINTAU (realita.news)– Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE, MM sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh panitia atas terlaksananya festival Silek Baluluak Balanyah di nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Hal itu disampaikannya saat membuka festival tersebut, Senin (1/1/2024) di Sawah 12, Jorong Dahlia, Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara yang juga turut dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Jonnedi, Kepala Dinas PMPTSP Naker, Camat beserta forkopimca dan undangan lainnya.

“Ini sangat luar biasa, panitia memiliki ide yang sangat brilliant karena telah menggagas dan menggelar festival seperti ini di awal tahun, Saya atas nama pribadi dan pimpinan daerah sangat apresiasi dan berterima kasih atas terlaksananya festival ini. Ini adalah embrio dari program kita satu nagari satu event dan merupakan awal yang baik di awal tahun,” sampai Bupati Eka Putra.

Bupati Eka juga katakan, bahwa festival Silek Baluluak Balanyah ini merupakan agenda pertama yang dihadirinya pada tahun 2024 ini. “Ini agenda Saya yang pertama tahun 2024, dan yang lebih mengagumkan festival ini dilaksanakan secara mandiri oleh anak nagari,” ujarnya.

Lebih jauh, Bupati Eka Putra mengatakan bahwa setiap nagari tentu memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Untuk itu diharapkannya melalui festival Silek Baluluak Balanyah ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi baik itu sesama masyarakat maupun peserta yang datang dari berbagai daerah.

Dikatakannya, poin lain dari terlaksananya festival ini adalah panitia mampu menjaga dan melestarikan budaya lokal yang muaranya untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses dari awal sampai akhir. Mari kita jadikan festival ini sebagai agenda tahunan dan semoga bisa kita masukkan ke dalam kalender event kabupaten. Mari persiapkan diri dari sekarang, karena kalau sudah masuk ke dalam kalender event kabupaten tentunya festival ini akan dikemas lebih besar lagi dan ini tentunya sangat membutuhkan kekompakan dari seluruh masyarakat,” tukasnya.

Wali Nagari Lubuak Jantan, Mukhlis dalam laporannya menyampaikan bahwa festival ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengisi kegiatan positif bagi para pemuda nagari. “Festival Silek Baluluak Balanyah ini akan diikuti oleh para pesilat dari beberapa Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. Untuk itu, mari kita dukung kegiatan ini bersama-sama,” ajaknya.

Sementara anggota DPRD Tanah Datar yang juga sebagai pembina sasaran Silek Tandhigi Sawah 12, Jonnedi mengatakan, festival Silek Baluluak Balanyah ini merupakan yang pertama kali digelar di nagari Lubuak Jantan.

“Festival ini kami laksanakan dengan tujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Selain itu juga untuk menghimpun para pemuda supaya mereka tidak melakukan aktivitas yang tidak terarah, termasuk untuk menghindarkan mereka dari penyalahgunaan narkoba dan perbuatan negatif lainnya,” kata Jonnedi.

Di akhir penyampaiannya, Jonnedi juga mengajak kepada seluruh masyarakat nagari untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan untuk ketentraman masyarakat. (*)

Example 300250
Baca Juga:  Tutup Tahun 2023, Nagari Batu Bulek Lintau Buo Utara Lakukan Khatam Al Qur'an
Example 120x600