Example floating
Example floating
BANGKA BARATPERISTIWA

BPBD Imbau Orangtua Awasi Anak Saat Piknik di Pantai

107
×

BPBD Imbau Orangtua Awasi Anak Saat Piknik di Pantai

Sebarkan artikel ini
Pantai Batu Rakit Muntok yang setiap hari libur ramai dikunjungi wisatawan lokal.
Example 468x60

BANGKA BARAT (realita.news) — Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Barat meminta para orangtua untuk mengawasi anaknya saat bermain di pinggir pantai.

Peringatan ini disampaikan BPBD menyusul peritiwa tenggelamnya seorang anak berusia 7 tahun di Pantai Batu Rakit, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Minggu (7/1/2024).

Nyawa bocah ini bisa diselamatkan berkat pertolongan yang diberikan pengemudi boat wisata yang melihat korban timbul tengelam di di laut yang berjaraj sekitar tiuga meter dari bibir pantai.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.15 WIB, saat sang bocah laki – laki itu sedang bertamasya bersama keluarganya di salah satu destinasi wisata di Bangka Barat itu.

Menurut Kepala BPBD Ahmad Nursandi, awalnya, setiba di Batu Rakit, Abdul Ghani bersama kakaknya bermain – main di pinggir pantai. Selanjutnya beberapa menit kemudian sang bocah tersebut hanyut.

“Mereka berenang atau bermain di bibir pantai persis di depan Pondok Baca Wisata Batu Rakit. Tapi selang sepuluh menit kemudian sang kakak melihat adiknya sudah lemas di air laut, jaraknya kira – kira 3 meter dari bibir pantai,” jelas Sandi, saat dikonfirmasi Minggu malam.

Keadaan bocah yang sudah lemas dan hampir tenggelam itu diketahui nakhoda boat wisata yang langsung menolong Abdul Ghani dan membawanya ke daratan.

Beruntung saat itu ada ambulans di sekitar tempat kejadian, sehingga sang bocah segera dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan secepatnya.

“Setelah itu dipanggil lah ambulans untuk membawa korban agar mendapatkan tindakan lebih lanjut. Informasinya anak tersebut dilarikan ke RSBT Mentok. Syukur lah keadaan korban sudah membaik,” kata Sandi yang saat kejadian juga sedang berenang di lokasi yang sama.

Sandi mengimbau agar para orang tua yang bertamasya di pantai membawa serta anak – anaknya, apalagi bila sang anak bermain di pinggir pantai agar tidak lengah dan tetap mengawasi, agar tidak terjadi hal – hal yang membahayakan nyawa mereka.

“Kami mengimbau agar para orang tua selalu mengawasi anak – anak saat mereka bermain di pinggir pantai dan jangan sampai lengah, agar kejadian seperti ini bisa dihindari dan tidak terulang lagi, tetap waspada saat membawa anak – anak berwisata di pantai,” imbau Sandi. (SK)

Example 300250
Baca Juga:  Lomba Layang Layang Sumbar Badunsanak Berakhir, Tim Jongkong Raih Rp12 Juta
Example 120x600