Example floating
Example floating
PEMPROV BABEL

Susun RKPD 2025, Pemprov Babel Prioritaskan Sektor Pariwisata

31
×

Susun RKPD 2025, Pemprov Babel Prioritaskan Sektor Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Kepala Bappeda Provinsi Bangka Belitung Fery Insani, SE., MM. (Foto Jessika Amela/realita.news

PANGKALPINANG (realita.news )- Pemprov Bangka Belitung Gelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal RKPD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2025. Kegiatan yang bertemakan “Penguatan Pondasi Transformasi Sektor Unggulan yang Berkelanjutan dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah” diadakan di Swiss Belhotel Pangkalpinang, Kamis, (15/0/2024).

FKP ini juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Forkopimda Provinsi Bangka Belitung, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Bangka Belitung, Kepala Bappeda se-Bangka Belitung dan Kepala BUMN, BUMD dan Perbankan serta Lembaga Pemerintahan Non Struktural.

Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani, S.E.,MM mengatakan FKP ini termasuk dalam proses rancangan awal penyusunan, perencanaan dan penganggaran untuk tahun 2025.

“Ini rancangan awal, makanya kita undang seluruh stakeholder dan perangkat daerah untuk menyampaikan prioritas masing-masing, baru nanti kita olah jadi rancangan akhir dan dimuat dalam anggaran,” kata Fery.



Selanjutnya , Ia menyampaikan kondisi ekonomi makro bahwa beberapa indikator di Bangka Belitung sudah baik. Beberapa indikator tercatat baik seperti pengangguran dan kemiskinan ekstrem, ketimpangan jauh dibawah nasional, cuma pertumbuhan ekonomi yang masih dibawah nasional.

Selain pertumbuhan ekonomi, kemampuan keuangan yang terbatas menjadi fokus dalam pembentukan rancangan awal ini. “Kemampuan keuangan kita relatif terbatas setiap tahun, kondisinya fluktuatif turun naik, tahun 2023 APD kita naik, tahun 2024 itu menurun. Dikhawatirkan tahun 2025 akan sama dengan tahun lalu, sehingga kita akan melihat apa yang jadi prioritas,” ungkap Fery.

Rancangan awal pembentukan RKPD tahun 2025 ini menjadi awal peletakan fondasi untuk transformasi. Selama 20 tahun kita butuh transformasi, misal dari sektor dominan hasil pertambangan mulai kita geser ke sektor pertanian, meskipun itu relatif agak berat. “Ini menjadi substansi pembahasan kita hari ini, silahkan beri masukan,” katanya

Bappenas menetapkan tema untuk Bangka Belitung lima tahun kedepan dengan tema “Wahana Pengembangan Quality Tourisme dan Ekonomi Biru. “Dalam presfektif nasional Bangka Belitung memang harus bertranformasi ke pariwisata yang berkualitas, ada potensi pariwisata kita yang mesti kita gencarkan hanya saja belum maksimal, tentunya mengedepankan ekonomi biru yang tidak merusak lingkungan,” kata Fery. (Jessika)

Baca Juga:  Stok Beras di Pulau Bangka Aman Sampai Lebaran