Example floating
Example floating
PILPRES

Soal Etika Debat Anies Baswedan, Pendeta di Kota Solo Ini Bilang Begini

62
×

Soal Etika Debat Anies Baswedan, Pendeta di Kota Solo Ini Bilang Begini

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

JATENG – Sebanyak empat kali debat capres dan cawapres 2024 telah digelar KPU RI. Debat terakhir bakal diselenggarakan pada 4 Februari 2024. Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan dinilai paling beretika dan menguasai materi dalam pelaksanaan debat tersebut.

Pandangan ini dikemukakan oleh pemerhati etika dan budaya dari Kota Solo, Pdt. Tertius Agus Srijanto. Dia menyebut demikian lantaran ada beberapa faktor yang bisa dijadikan parameter penilaian.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penampilan Anies Baswedan dalam debat Pilpres 2024 oleh KPU RI. Antara lain yang pertama adalah faktor pendidikan dan visi misi Anies Baswedan. Di mana, Anies Baswedan memiliki visi penguatan pendidikan, sains dan teknologi serta digitalisasi.

“Pendidikan dan visi ini sangat mungkin mempengaruhi cara pandang dan pendekatan Pak Anies Baswedan dalam berbagai isu. Termasuk dalam debat kandidat yang digelar KPU RI,” ungkap Pdt. Tertius Agus Srijanto kepada KBA News, Senin, 29 Januari 2024.

Faktor yang kedua, tambahnya, adalah mengenai kesiapan dan persiapan debat. Anies Baswedan memiliki kemampuan serta pengalaman berkomunikasi dan orasi yang sangat panjang. Sudah teruji dan terbukti dalam forum nasional, regional maupun internasional.

Ketika menghadapi debat capres, kata dia, Anies Baswedan adalah tipe tokoh yang serius dan matang dalam mempersiapkannya. Anies juga figur yang dikenal sangat detail dalam persiapan maupun ketika memberikan pemaparan.

“Sebelum debat, Pak Anies Baswedan pasti telah mempersiapkannya dengan matang dan detail. Persiapan debat yang matang dapat mempengaruhi gaya dan sikap seseorang dalam penampilannya,” ungkap pendeta yang menggembala jemaat di Kota Surakarta dan Kabupaten Sukoharjo itu.

Lantas faktor yang terakhir, imbuhnya, adalah faktor karakter dan etika pribadi. Banyak pihak mengakui dan menilai bahwa penampilan Anies Baswedan dalam debat menunjukkan etika dan perilaku yang santun. Kendati tegas dan kritis, namun tetap disampaikan dengan bahasa serta sikap yang santun.

“Faktor-faktor personal, termasuk karakter dan etika, sangat mempengaruhi perilaku seseorang dalam situasi debat. Dengan demikian, pendidikan, visi, persiapan debat dan faktor-faktor personal yang menonjol sangat mencerminkan penampilan serta etika Pak Anies Baswedan dalam debat Pilpres 2024,” tandas Pdt. Tertius Agus Srijanto.

Diketahui, materi debat kelima yang akan diselenggarakan KPU RI pada 4 Februari 2024 akan membahas sejumlah sektor strategis. Antara lain kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia serta inklusi. (kba)

Example 300250
Baca Juga:  Ketua KPU RI Dapat Sanksi Peringatan Keras, Anies Baswedan: Alarm Jangan Ada Lagi Pelanggaran
Example 120x600