Example floating
Example floating
HEADLINE

Cendikiawan Minang Malaysia Gelar Rapat Minang Antarbangsa

62
×

Cendikiawan Minang Malaysia Gelar Rapat Minang Antarbangsa

Sebarkan artikel ini
Panitia acara dari Malaysia bersilaturahim ke PT. Paragon Technology And Innovations (Wardah) di Jakarta, pekan lalu.

MALAYSIA – Minang Internasional Convention (MIC) atau Rapat Minang Antarbangsa bakal digelar pada Mei ini. Dijadwalkan festival tersebut akan digelar antara 26 Juli – 4 Augustus 2024 di Jabatan Kebudayaan dan Kesenian Negara, Seremban, Malaysia.

Seperti disampaikan Syaftin Ruli bin Laimin selaku panitia MIC atau Rapat Minang Antarbangsa, Kamis (9/5), bahwa festival yang diusung Persatuan Cendikiawan Minang Malaysia (PCMM) akan merayakan orang Minang dari segi kebudayaan, kesenian, makanan dan tradisi Minang itu sendiri.

“Pelawat daripada seluruh pelosok dunia diundang untuk menikmati sepenuhnya dan menyelami budaya yang telah berkembang pesat selama lebih dari 700 tahun.

Kemudian event ini bakal diisi dengan agenda Pameran Pendidikan Minang, Pameran Perdagangan dan Keusahawanan Minang, Pesta Budaya dan Warisan Minang, Persidangan Sosial Minang, dan pastinya Pesta Kulinari dan Makanan Minang.

Dengan kerjasama Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan, festival ini akan memamerkan pelbagai perisa dan hidangan untuk berkongsi kisah tentang cara masakan yang sangat berpengaruh di Malaysia.

“Sama ada Rendang Lembu yang sangat terkenal atau Dendeng Batakok yang sedap dan pedas, setiap hidangan Minang ada cerita tersendiri. Festival ini akan melibatkan vendor tempatan dan individu yang sangat berbakat di dapur, inilah cara chef yang pakarmasakan Minang dapat menyuarakan kisah sendiri melalui makanan yang penuh makna kepada mereka,” ulasnya.

Kemudian juga ada sesi Membina Warisan : Rumah Gadang. Disini, di majelis makan malam gala, para hadirin boleh mengambil bahagian dalam usaha untuk mencipta sejarah.

Berasaskan 6 Tiang kami, yakni seminar, pelancongan, Pendidikan, perdagangan, masakan dan kesehatan/kesejahteraan, kami akan membina asas untuk warisan Minang yang akan bertahan dan kekal untuk generasi-generasi yang akan datang,” paparnya.

Baca Juga:  Sri Kristin Sutanegara Dilantik Pimpin DPC IWAPI Pangkalpinang

Dia menyebutkan, tamu terhormat dari Malaysia direncakan bakal hadir dalam Rapat Minang Antarbangsa ini, seperti DYMM Yang Di-Pertuan Besar Negeri Sembilan Darul Khusus, Tuanku Muhriz Ibni Almarhum Tuanku Munawir, Dato’ Seri Anwar Ibrahim selaku Perdana Menteri Malaysia.

Juga didapuk sebagai tamu terhormat, Chairul Tanjung selaku pengurus CT Corp dan Oesman Sapta Dt. Bandaro Sutan Nan Kayo selaku Ketua Umum Gebu Minang.