Example floating
Example floating
BANGKA SELATANHEADLINEPEMILU

Bawaslu Basel Gelar Kegiatan Fasilitasi Sentra Gakkumdu

59
×

Bawaslu Basel Gelar Kegiatan Fasilitasi Sentra Gakkumdu

Sebarkan artikel ini

TOBOALI (REALITA) – Dalam upaya mengawal pemilu 2024, Bawaslu Basel menggelar kegiatan Fasilitasi Sentra Gakkumdu yang bertujuan untuk membahas potensi pelanggaran pada tahapan pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, khususnya Daftar Pemilih Tambahan (DBTb).

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Ketua Bawaslu Basel, Amri.R, dan dihadiri oleh narasumber utama, Azhari, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, di Grand Marina Hotel Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Selasa, (21/11/2023).

Ketua Bawaslu Basel, Amri.R, menyampaikan bahwa kegiatan ini dipandu oleh PPPS Pak Azhari serta melibatkan nara sumber dari Polda Bangka Belitung dan anggota Gakkumdu Bangka Belitung. Amri.R berharap kegiatan ini menjadi awal untuk mengawal pemilu 2024 dengan lebih baik.

“Dari hasil daftar pemilih yang ditetapkan dan daftar pemilih tambahan yang setiap bulan diupdate oleh KPU Bangka Selatan, terdapat potensi pemilih mendekati angka 300. Oleh karena itu, perlu kita lebih mendalami potensi pelanggaran didalamnya agar hasil diskusi kita dapat lebih efektif dalam melakukan pencegahan terkait pelanggaran tahapan penyusunan daftar pemilih, khususnya DPTb,” ujar Amri.R.

Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Azhari menyatakan kegembiraannya atas rapat Fasilitasi Sentra Gakkumdu yang melibatkan unsur kejaksaan, unsur Polres Bangka Selatan, dan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Bangka Selatan.

Azhari menjelaskan bahwa rapat ini difokuskan pada potensi-potensi pelanggaran pada tahapan pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, terutama pada DBTb.”Disini kami menyamakan persepsi dan regulasi terkait apa saja yang menjadi landasan DBTb yang bisa ditetapkan oleh KPU serta pelanggaran yang mungkin bisa kita cegah sebelum menjadi sebuah permasalahan di wilayah Kabupaten Bangka Selatan,” tegas Azhari.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Anggota Sentra Gakkumdu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua KPU Kabupaten Bangka Selatan, Unsur Polres Bangka Selatan, dan Unsur Kejaksaan Kabupaten Bangka Selatan. Dengan kolaborasi semua pihak, diharapkan pemilu tahun 2024 dapat diawasi secara ketat, meminimalisir potensi pelanggaran, dan memberikan hak pilih yang bermartabat kepada masyarakat Kabupaten Bangka Selatan. (sar)

Baca Juga:  Tambang Tembelok dan Keranggan Belum Boleh Beroperasi