Example floating
Example floating
HEADLINE

Anies Baswedan: Harusnya Negara Yang Mengatur Pengusaha

177
×

Anies Baswedan: Harusnya Negara Yang Mengatur Pengusaha

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

SAMARINDA — Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan, sudah saatnya negara tak diatur oleh para pelaku usaha. Hal ini kembali ditegaskan Anies saat kampanye dengan cara dialog dalam “Desak Anies” di Samarinda Kamis (11/1/2024).

Dalam acara tersebut, Anies ditanya mengenai usaha yang merusak lingkungan seperti tambang batu bara yang berada di Kalimantan.

Anies kemudian menjelaskan, selama dia memimpin DKI Jakarta sebagai Gubernur, pelaku usaha selalu menaati aturan yang telah dibuat pemerintah.

“Pelaku usaha itu tidak akan bertumbuhkan dengan pemerintah. Problemnya, pemerintah sendiri tidak memprioritaskan ekologi, tidak memprioritaskan pembangunan berkelanjutan sehingga mereka ada keleluasaan di situ,” katanya.

Sebab itu, dia ingin agar ada aturan yang dibuat pemerintah untuk mementingkan keberlanjutan lingkungan hidup dan tidak mengikuti kemauan dari pengusaha semata.

“Sudah saatnya negara tidak diatur oleh para pelaku usaha, dan sebaliknya. Justru negara yang harus mengatur para pelaku usaha,” tutur Anies.

Anies memberikan contoh, perbudakan dalam dunia usaha dulunya dianggap normal sebelum adanya larangan karena alasan kemanusiaan.
Dia ingin agar pengusaha yang merusak lingkungan bisa sadar seperti layaknya larangan perbudakan.

Di zaman modern saat ini, merusak lingkungan hidup bisa jadi dianggap sebagai aib layaknya menjalankan usaha dengan sistem perbudakan.

“Dulu berusaha dengan merusak lingkungan bisa dianggap normal, ke depan itu aib, itu dosa dan itu harus berubah, itu yang ingin saya sampaikan,” ucap Anies.

“Dibuat pesan moralnya, diturunkan dalam bentuk regulasi, lalu laksanakan terjadi perubahan,” tandasnya. (***)

Example 300250
Baca Juga:  Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolda Babel Yang Baru
Example 120x600