Example floating
Example floating
INTERNASIONAL

5 Negara dengan Tingkat Urbanisasi Paling Tinggi di Asia, Indonesia Termasuk?

116
×

5 Negara dengan Tingkat Urbanisasi Paling Tinggi di Asia, Indonesia Termasuk?

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Urbanisasi adalah elemen penentu zaman modern. Lebih dari separuh populasi dunia tinggal di perkotaan. Bank Dunia mengindikasikan bahwa pada 2050, angka ini akan semakin meningkat, dengan hampir 70% penduduk diperkirakan akan tinggal di perkotaan.

Di satu sisi, kota berperan sebagai pusat kegiatan ekonomi, menghasilkan lebih dari 80% PDB global dan mendorong inovasi. Namun, kecepatan dan skala urbanisasi membebani infrastruktur dan layanan yang ada dan menyebabkan permasalahan seperti kurangnya perumahan yang terjangkau, sistem transportasi yang tidak memadai, dan degradasi lingkungan.

Yang penting, urbanisasi di Asia khususnya sedang mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lebih dari separuh populasi perkotaan dunia tinggal di wilayah tersebut.

Pada 2030, diperkirakan lebih dari satu miliar penduduk perkotaan akan menghadapi berbagai bahaya yang tinggi atau ekstrem, hal ini menunjukkan betapa rentannya kota-kota yang berkembang pesat terhadap tantangan lingkungan dan sosial. Meskipun ada upaya untuk mengurangi kondisi kumuh, lebih dari setengah miliar orang masih tinggal di kawasan tersebut.

Berdasarkan data Bank Dunia, Indonesia memiliki tingkat urbanisasi 58 persen. Angka ini jauh di bawah beberapa negara ASEAN, seperti Malaysia, Brunei, apalagi Singapura yang masuk dalam daftar 20 teratas. Lalu negara mana saja yang menduduki lima peringkat teratas dalam hal tingkat urbanisasi di Asia?

1. Singapura

Populasi Urban: 100%

Tingkat urbanisasi di Singapura sangat tinggi, dengan populasi 5,61 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 719 km², menghasilkan kepadatan 7.800 jiwa/km². Terlepas dari tantangan seperti kepadatan penduduk dan masalah lingkungan, Singapura telah mengelola urbanisasinya dengan sangat baik. Keberhasilan ini diperoleh dari kombinasi perencanaan terpadu dan tata kelola pemerintahan yang dinamis.

Baca Juga:  Arab Saudi Bakal Batasi Area Ka’bah untuk Jamaah Umroh Selama Bulan Ramadhan

2. Kuwait

Populasi Urban: 100%

Kuwait adalah negara kecil namun kaya di Timur Tengah yang telah mengalami urbanisasi yang fenomenal selama beberapa dekade terakhir. Ibu kota, Kuwait City, berfungsi sebagai titik fokus dari pembangunan perkotaan ini. Sebagai pusat ekonomi negara, Kuwait City menarik banyak sekali populasi, yang menyebabkan pertumbuhan kota dan ekspansi infrastruktur yang ekstensif.

Kuwait Tower City Skyline glowing at night, taken in Kuwait in December 2018 taken in hdr

3. Makau, Cina

Populasi Urban: 100%