Example floating
Example floating
PANGKALPINANG

Pemkot Gelar Bukek Puaso Enem, Lestarikan Budaya Bangka Belitung

58
×

Pemkot Gelar Bukek Puaso Enem, Lestarikan Budaya Bangka Belitung

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG (realita.news) – Penjabat Walikota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan menghadiri kegiatan Bukek Puaso Enem Kek Tradisi Bepanton yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, di Hotel Cordella, Kamis (2/5/2024).

Bukek Puaso Enem ini merupakan tradisi yang biasa dilakukan masyarakat Bangka Belitung pada momen bulan Syawal atau beberapa hari setelah merayakan Idulfitri, dengan melaksanakan puasa enam hari dan ditutup dengan buka puasa bersama yang biasanya dilakukan di masjid.

Lusje sangat mengapresiasi kegiatan yang menjunjung tinggi nilai budaya Bumi Serumpun Sebalai ini. Menurut dia kegiatan ini perlu dilakukan bahkan hingga ke tingkat kecamatan untuk terus menjaga dan melestarikan adat tradisi masyarakat.

“Ini perlu dilestarikan, dikenalkan ke anak-anak sekolah SD maupun SMP karena kegiatan buka puasa enam ini merupakan gabungan antara adat, budaya dan agama,” katanya.

Dia menyebut, acara Bukek Puaso Enam ini merupakan penggabungan untuk melestarikan adat melayu yang dipadukan dengan penanaman nilai-nilai agama. Lusje mengimbau kegiatan ini terus berlanjut nantinya ke tingkat kecamatan bahkan ke kelurahan dan sekolah-sekolah sehingga terus lestari.

“Mudah-mudahan setelah diadakan acara di sini, yang lain juga mengikuti. Berlanjut terus jadinya dan kita kenalkan tradisi ini ke anak cucu kita nanti,” ucapnya.

Baca Juga:  Pemkot Pangkalpinang Salurkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah