Example floating
Example floating
PEMPROV BABEL

Batik Air Kembali Buka Rute Jakarta-Pangkalpinang

98
×

Batik Air Kembali Buka Rute Jakarta-Pangkalpinang

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINAN – Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung menyambut baik dibukanya kembali rute penerbangan Maskapai Batik Air Jakarta – Pangkalpinang. Penerbangan perdananya akan dimulai tanggal 28 Januari 2024 mendatang.

PJ Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Safrizal mengatakan dengan dibukanya kembali penerbangan itu diharapkan bisa menekan angka inflasi di Bumi Serumpun Sebalai.

“Mudah-mudahan dengan bertambahnya maskapai kita dapat menekan inflasi di Bangka Belitung. Termasuk dapat menambah distribusi untuk membawa komoditi pangan kita,” ujar Safrizal, di Kantor Gubernur, Senin lalu.

Diketahui, hingga saat ini inflasi Kep. Babel berada di angka 2,65 persen, artinya turun drastis jika dibandingkan pada Desember 2023 yang berada di angka 3,87 persen. Berbagai upaya terus dilakukan Pemprov Babel dibawah nahkoda Pj Gubernur Safrizal.

“Caranya dengan memperbanyak produksi, dan saat ini kita tengah menggencarkan produksi terutama komoditi penyumbang inflasi, seperti cabai. Alhamdulillah dibeberapa lokasi sudah mulai panen. Jika sebelumnya harga cabai tembus Rp130 ribu, sekarang sudah di harga Rp70-80 ribu per kilogramnya, dan kita ingin mempertahankan harga ini selama mungkin,” tuturnya.

Selain itu, Safrizal mengatakan belum lama ini telah memulai gerakan ‘Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung’ atau ‘Semarak Babel’, dimana dalam kegiatan itu akan melibatkan Forkopimda, Bupati/Walikota dan seluruh stakeholder untuk melakukan penanaman komoditas pangan di lahan produktif yang selama ini ‘tidur’.

Lebih lanjut, ia pun mengungkapkan bahwa untuk merealisasikan hal itu, pihaknya telah berkirim surat kepada Kementerian Pertanian untuk meminta bantuan 500 ribu bibit tanaman cabai untuk ditanam di lahan terbatas.

“Alhamdulillah, sudah ada respon positif langsung dari Pak Mentan. Beliau telah menghubungi saya untuk mensupport kegiatan Semarak Babel tersebut,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga menyoroti komoditas ikan menjadi salah satu penyumbang inflasi. Stok ikan yang dijual diperkirakan akan mengalami sedikit kelangkaan di saat kondisi gelombang laut pasang, oleh karenanya dirinya berharap kepada Kementerian terkait untuk menghadirkan cold storage di Kep. Babel. (***)

Baca Juga:  Penjabat Gubernur Babel Ajak TNI Perkuat Sinergitas