Example floating
Example floating
BANGKA SELATANEKBISHEADLINE

Basel Sentra Makanan Olahan Hasil Laut

77
×

Basel Sentra Makanan Olahan Hasil Laut

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN (REALITA) – Sebanyak 25 pelaku yang tergabung dalam Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) olahan makanan hasil laut yang ada di Kecamatan Toboali dilatih untuk mengembangkan usahanya.

Pelatihan yang diadakan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan melalui Bidang Perindustrian Kabupaten Bangka Selatan untuk mempercepat terujudkan Toboali sebagai sentra makanan hasil olahan laut di Bangka Belitung.

Pelatihan yang berlangsung selama lima hari, tanggal 20 sampai 24 November 2023 itu, diadakan di Hotel A3 Toboali.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan Anshori ketika ditemui di kantornya , Rabu (22/11/23) mengatakan, pihaknya mendatangnya nara sumber dan praktisi yang berpengalaman untuk melatih peserta yang kebanyakan adalah ibu ibu ini.


Menurtu dia, ada berapa poin yang dihasilkan dari pelatihan ini, khususnya terkait hilirisasi produk atau diversifikasi produk olahan makanan hasil laut yang selama ini didominasi oleh produk jenis getas, kemplang dan lain-lain.

Dari hasil pelatihan ini, peserta juga diajarkan cara membuat produk olahan ikan atau sejenisnya menjadi produk turunannya, seperti abon ikan, pastel abon ikan, ikan teri tepung krispi, sambal terasi Toboali, sumpia abon ikan, sosis ikan, nugget ikan, bakso ikan, bakso tahu ikan, ikan asin goreng siap santap, kerupuk ikan amplang-ampiang sampai ikan sarden dalam kemasan.

“Harapannya dari pelatihan ini adalah agar para pelaku usaha IKM dapat terbuka pikiran atau punya mindset baru terkait olahan makanan hasil laut yang tidak hanya produk seperti sekarang tetapi juga dapat mengembangkan produk-produk turunan lainnya sehingga dapat mencapai pangsa pasar yang lebih luas,” ungkapnya.

Kabid Perindustrian, Deka Indra menambahkan, selain pelatihan diversifikasi produk hasil olahan ikan laut, pelaku usaha IKM diajarkan cara pengemasan produk yang benar serta penyajian komposisi bahan baku yang pas untuk suatu produk. Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan yang lebih luas bagi para pelaku IKM di Negeri Junjung Besaoh. (Suf)

Baca Juga:  Kopi O, Muaro Kalaban ke Singapura